Siswa-siswi MTsN 9 Ngawi belajar berdemokrasi melalui Pilkotes

 




Jogorogo, Belum lama ini MTsN 9 Ngawi menggelar Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIM (Pilketos) periode 2019-2020 di halaman madrasah setempat. Kegitan ini selain untuk reorganisasi pengurus, juga sebagai sarana belajar siswa untu berdemokrasi. “Pilketos ini kami gelar selain untuk reorganisasi pengurus OSIM juga merupakan sarana untuk belajar demokrasi secara langsung bagi siswa-siswi kami” ujar waka kesiswaan, Bapak Fathoni Abas.

Menurut dia, Pilketos yang diselenggarakan setiap tahun sekali ini digelar layaknya Pilgub atau Pilkada mau pun Pilpres. Sebelum pemilihan, panitia melakukan penjaringan bakal calon yang diikuti oleh pengurus OSIM yang duduk di kelas 7 dan 8. “Setelah penjaringan bakal calon, dilakukan penetapan calon. Calon yang ditetapkan pun harus melakukan kampanye layaknya seorang calon presiden, gubernur maupun bupati/walikota,” tutur dia.

Kampanye dilakukan secara terbuka di hadapan siswa-siswi MTsN 9 Ngawi dengan melakukan orasi terkait visi dan misi yang akan dijalankan jika kelak pasangan calon ketua dan wakil ketua OSIM terpilih.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pilketos MTsN 9 Ngawi, Hardimas menyebutkan, Pilketos kali ini diikuti 10 calon ketua dan wakil ketua OSIM.

Mereka dipilih sekitar 521 pemilih yang terdiri dari siswa-siswi madrasah tersebut, dari Kelas 7 hingga Kelas 9. Pemilihan dimulai dengan mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk melakukan absensi yang dilakukan Panitia Pemungutan Suara (PPS). Setelah itu pemilih akan mendapatkan kartu suara untuk dicoblos dibilik suara yang sudah disediakan. Usai mencoblos kartu suara lalu dimasukkan dalam kotak suara yang dijaga oleh beberapa petugas PPS.

Sebelum meninggalkan TPS, para pemilih wajib memasukan jarinya ke tinta yang disediakan PPS sebagai bukti mereka telah menggunakan hak pilihnya. Setelah semua siswa menggunakan hak pilihnya tahap terakhir dilakukan perhitungan suara. Dalam perhitungan suara calon nomer urut 8 Muh. Aziz Saputra memperoleh 226 suara dan Probo Danu Aji Pangestu memperoleh 72 suara.

Dengan demikian keluar sebagai pemenang dalam Pilketos MTsN 9 Ngawi adalah pasangan nomer urut 8 Muh. Aziz Saputra yang merebut suara terbanyak. Tim sukses nomer urut 8 pun bersorak-sorai begitu calon dukungnya memenangi pesta demokrasi Pilketos tersebut

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama